Ini Lho Cara Merawat Wajah Kering

Ini Lho Cara Merawat Wajah Kering - Kulit wajah adalah bagian dari tubuh yang sangat peka dan sensitive, apalagi Indonesia termasuk daerah tropis yang mendukung kulit wajah menjadi kering dan pucat. Kulit wajah yang kering juga akan mengganggu penampilan seseorang, karena wajah terlihat kusam dan kulit menjadi terkelupas. Oleh karena itu disini akan di bahas beberapa langkah untuk mengatasi kulit wajah yang kering agar menjadi lembab dan dapat mendukung keindahan penampilan seseorang.
Cara Merawat Wajah Kering

Cara Merawat Wajah Kering

1. Menggunakan Sabun Khusus wajah
   Kebanyakan orang menggunakan sabun badan untuk membersihkan wajahnya juga, padahal kulit wajah itu berbeda dengan kulit tubuh yang lainnya. Kulit pada wajah sangat sensitif dan lembut. Rawatlah  wajah agar selalu lembab dengan menggunakan sabun khusus  wajah yang mempunyai tingkat keasaman rendah untuk kulit.

2. Menggunakan Handuk dengan Lembut
   Setelah Mencuci muka dan wajah masih dalam keadaan basah biasanya kita sembarangan mengusap-usap wajah menggunakan handuk dengan kasar sampai wajah kita benar-benar kering. Namun hal tersebut akan sangat merusak wajah kita,karena handuk yang digunakan kasar, Ibaratnya kita menggosok – gosok kaca dengan kain kasar bukan dengan spon, maka kaca tersebut akan timbul goresan-goresan. Begitu juga wajah kita. Jadi jika kita selesai cuci muka cukup menepuk-nepuk wajah perlahan menggunakan handuk.

3. Hindari Kebiasaan Sering Membasuh Wajah dengan Air
   Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa dengan sering  membasuh wajah maka wajah akan  lembab dan bersih. Namun itu akan bertahan sementara, dengan membasuh wajah dengan air yang terlalu sering kelembaban wajah alami akan berkurang. Agar  kondisi wajah selalu lembab gunakanlah pelembab wajah yang cocok dengan kulit kita agar kulit selalu terjaga kelembabannya.

4. Hindari Terlalu sering Mandi dengan Air Hangat
   Untuk daerah yang terlalu dingin memang dianjurkan mandi dengan air hangat agar badan menjadi hangat karena cuaca yang dingin. Namun justru mandi dengan air hangat akan membuat kulit menjadi kering dan kasar.

5. Menggunakan Pelembab
   Sebagian orang mungkin tidak tahan dengan sinar matahari ataupun dalam ruangan yang ber-AC,oleh karena itu mereka wajib menggunakan pelembab pada wajah agar wajah tidak kering dan kusam.Namun tidak semua kulit wajah cocok dengan semua jenis pelembab. Ujilah beberapa merk pelembab wajah yang cocok untuk kulit anda, karena jika tidak cocok akan mengakibatkan kulit menjadi kusam dan terkelupas.
  
6. Perbanyak Konsumsi Air Putih
   Penyebab utama orang dehidrasi adalah kekurangan air putih, sehingga kulit  menjadi kering. Untuk mengatasinya perbanyaklah mengkonsumsi air putih setiap harinya. Minimal dua liter per hari, juga jangan lupa minun segelas Air putih sebelum tidur agar selama istirahat kita tidak dehidrasi. Juga hindari minuman yang beralkohol serta mengandung kafein itu akan merusak kesehatan kulit kita.

7. Menggunakan Masker Alami
   Untuk menjaga agar kulit wajah selalu lembab, menggunakan masker alami merupakan cara yang efektif. Diantara bahan-bahan berikut dapat digunakan sebagai masker yang berfungsi membuat wajah kita menjadi lembab dan sehat.

(a) Alpukat
   Buah Alpukat mengandung Vitamin E yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan dan kekencangan kulit kita. Caranya lumatkan buah alpukat dan pakai di wajah sebagai masker. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin. Selain digunakan untuk masker mengkonsumsi alpukat setiap hari juga dapat membantu menjaga kekencangan kulit kita.

(b) Jagung
   Jagung berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan kulit wajah kita. Caranya 1 sdm tepung jagung campurkan dengan ½ putih telur dan gunakan 2 kali sehari sebelum mandi.

(c) Pisang Ambon
   Buah pisang ambon berfungsi melembabkan kulit kering. Caranya ½ pisang ambon campur madu dan ½ sdm havermut, gunakan sebagai masker dan lakukan setidaknya sekali dalam seminggu.

(d) Bayam
   Sayuran bayam juga berguna untuk menghaluskan kulit wajah kita. Caranya sangat mudah, jus bayam dan gunakan sebagai masker wajah kemudian diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan spon.

    Demikianlah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit dari kekeringan. Apabila dilakukan dengan rutin Insya Allah akan mendapatkan hasil yang optimal dan menyenangkan bukan jika memiliki wajah yang lembab dan jauh dari kata kering. Smoga bermanfaat.

1 comment:

Anonymous said...

gak mau deh punya wajah kering, untung dapet informasi mengenai cara merawat wajah kering ini, jadi tau harus bagaimana cara merawat wajah kering

Post a Comment